Senin, 23 Juli 2012

PANACHEE FIG PART 2


PANACHEE FIG PART 2



          Buah ara jenis Panachee memiliki profile buah yang sangat menarik untuk itulah sampai hari ini saya masih berusaha untuk mengembangbiakkan jenis ini .....

Supaya tidak lupa seperti apa dan bagaimana bentuk pohon dan buah panachee, berikut ini adalah profil buah panachee yang berhasil saya abadikan.



Satu hal hambatan untuk jenis ini adalah memiliki sensitifitas yang tinggi baik  media cangkok dan perlukaan.
jadi sampai saat ini saya masih mencari beberapa cara untuk memperbanyak jenis ini salah satunya dengan metode cangkok gelas bekas minuman mineral dan pengaturan tingkat kelembaban media sehingga tingkat kematian dapat di minimalisir.

Proses pemotongan cangkokan menjadi salah satu kunci dari keberhasilan pengembangan jenis ini, satu pengalaman berharga yang pernah saya alami adalah pada saat saya memanen 4 cangkokan  panachee dengan model cangkokan gelas minuman mineral, setelah cangkokan di turunkan dan di tanam media polybag seluruh daun mengalami layu yang berkelanjutan, dalam 4 hari seluruh daun mengalami rontok seluruhnya dan itu yang membuat saya kaget bukan kepalang....
Betapa sensitifnya tanaman ini sampai perlu dilakukan treatment khusus dengan pemberian b2 dan perawatan hormon sitokinin dan auksin segala.

Berikut ini adalah gambar saat ke 4 cangkokan di turunkan... seolah tidak ada hal yang berarti  dengan layu yang normal. Namun setelah ini............



dan inilah gambar setelah daun mengalami perotokan yang sangat parah  dan sudah di treatment intensif



Puji Tuhan dengan perawatan intensif selama 1 bulan akhirnya seluruh cangkokan calon indukan baru mulai perlahan tumbuh tunas dan akar makin kuat.


Sangat unik dan menarik di lihat, dibalik keunikan warna dan bentuk buah tetap tersimpan rasa yang sangat manis dengan tekstur lembut dan beraroma soft, saya sangat suka dengan rasa panachee ini.

Pohon indukan panachee mampu berbuah lebat pula meski di tanam dalam pot......ini dapat saya buktikan dengan gambar tanaman indukan saya berikut ini.


Sungguh indah bukan?...............

Dan inilah kegiatan yang saya lakukan akhir akhir ini  yaitu dengan melakukan pengembang biakan jenis ini secara intensif dengan berbagai percobaan dan perawatan untuk menekan angka kematian pada cangkokan si manis ini

 Berikut adalah proses repoting yang saya lakukan terhadap beberapa bibit yang berhasil saya treatment

Persiapan pot dan media tanam.


Pelepasan bibit cangkokan hasil treatment dari polybag





Cukup mantap kan hasil perawatan dan treatment yang saya lakukan........... he hehe...


Gambar berikut adalah bibit yang langsung di tanam dan di full sun................... Semoga tumbuh subur dan dewasa.............





satu kata untuk jenis ini.............



"I LOVE IT............"







0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.