Senin, 04 Februari 2013

PEMBIAKAN VARITAS BARU MELALUI PERTUKARAN BATANG / CUTTING UNTUK DI STEK


PEMBIAKAN VARITAS BARU MELALUI PERTUKARAN BATANG / CUTTING UNTUK DI STEK

          Seperti halnya tanaman lain pohon ara / tin / figs bisa di perbanyak dengan berbagai cara pembiakan.
salah satunya dengan cara stek.
Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan varitas baru untuk di budidayakan di negara kita.
Sebagai orang awam dan pemula saya pernah menempuh dengan cara

1. Membeli batang ara atau cutting figs dari beberapa teman yang bisa mendatangkan batang tersebut ke indonesia.
2. Dengan memulai mencoba aktif untuk posting dalam group group ara di facebook atau pun di forum forum ara luar negeri.  dan dari sana saya mencoba untuk melakukan swap / pertukaran batang ara ataupun  membelinya jika mereka berkenan.


Suka dukanya pun banyak adapun kendala yang selama ini saya dapatkan adalah:

* Terkadang batang yang kita beli atau kita dapatkan tidak sesuai dengan keinginan. seperti batang terlalu muda sehingga susah keluar akar dan akhirnya malah busuk.
* Penjual menetapkan harga yang cukup mahal untuk satu buah batang untuk jenis jenis tertentu ... bahkan bisa mencapai 80 $ per batang jadi terpaksa saya cuma bisa ngiler aja. wkwkwkwk
* Barang yang kita terima terlalu lama dalam pengiriman.....seperti kita ketahui biasanya para penjual ataupun teman barter terkadang menekan ongkos pengiriman  sehingga batang mati dalam perjalanan.
* Terlalu berbelitnya birokrasi sehingga terkadang kiriman tertahan di bea cukai sehingga menambah biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan sebuah batang  yang belum tentu bisa tumbuh. karena angka kematian dengan perbanyakan stek cukup tinggi. itulah yang menyebabkan  harga 1 varitas baru terkadang terbilang tinggi.


Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi masukan buat teman teman semua.
Terima kasih saya sampaikan buat teman teman yang sudah  memberikan support batang tanaman selama ini baik di dalam  negeri seperti om Nico, om Fauzi dan di luar negeri seperti Steven , Kausik Chakaborty dll.
 
berikut adalah foto foto yang sempat saya abadikan ketika mengadakan pertukaran  batang ara  baik membeli ataupun barter.













0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.